3 Hewan Mamalia Tercepat di Darat, Udara dan Laut


Ini dia, 3 Hewan Mamalia Tercepat di Darat, Udara dan Laut lengkap dengan fakta ilmiah dan gambarnya.

Artikel ini merupakan versi ringkas, versi lengkapnya bisa dibaca di  link ini 3 Hewan Mamalia Tercepat di Dunia

Hewan Mamalia Tercepat di Darat: Cheetah

cheetah lari

Hewan yang mampu berlari paling cepat di darat adalah Cheetah (Acinonyx jubatus). Cheetah adalah salah satu anggota keluarga kucing (felidae) yang mempunyai kecepatan lari max 110 km/jam dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Akselerasi ini lebih cepat dari pada beberapa supercar.

Pada tahun 2009, cheetah betina berusia 8 tahun bernama Sarah menjadi hewan darat tercepat di dunia. Cheetah milik kebun binatang Cincinnati itu mampu menempuh jarak 100 m hanya dalam waktu 6,13 detik. Kecepatannya mengalahkan rekor kecepatan Cheetah Afrika Selatan bernama Nyana yang pada tahun 2001 mampu menempuh jarak 100 m dalam waktu 6,19 detik.

Klasifikasi Ilmiah Cheetah:

  • Genus: Acinonyx
  • Spesies: Acinonyx jubatus



Hewan Mamalia Tercepat di Udara: Big Brown Bat

kelelawar big brown bat

Hewan mamalia udara tercepat adalah Big Brown Bat (Eptesicus fuscus) yang mampu terbang dengan kecepatan max 25 km/jam.

Kelelawar ini adalah asli Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia, dan utara Amerika Selatan.

Spesies ini lebih besar dalam ukuran dari spesies kelelawar lainnya, panjang tubuhnya sekitar 4 sampai 5 inci (10 - 13 cm), dengan lebar sayap 11-13 inci (28-33 cm) dan berat 1/2 sampai 5/8 ounce. Bulunya agak panjang dan coklat mengkilap. Membran sayap, telinga, kaki, dan wajah berwarna coklat tua sampai berwarna kehitaman.

Kelelawar Big Brown aktif di malam hari, siang hari bersarang di pohon berlubang, di bawah kulit kayu longgar, di celah-celah batu atau struktur buatan manusia seperti loteng, lumbung, bangunan tua, atap dan jendela. Kelelawar Big Brown menavigasi di langit malam dengan menggunakan echolocation, menghasilkan suara ultrasonik melalui mulut atau hidung. Kelelawar Big Brown dikenal juga menghasilkan suara yang dapat didengar selama penerbangan.

Klasifikasi Ilmiah Kelelawar Big Brown Bat:

  • Genus: Eptesicus
  • Species: Eptesicus fuscus


Hewan Mamalia Tercepat di Laut: Paus Pembunuh (Orcinus orca)

paus pembunuh orca
Perbandingan Ukuran Paus Pembunuh Orca dengan Manusia

Hewan mamalia laut tercepat adalah Paus Pembunuh (Orcinus orca) yang mampu berenang dengan kecepatan max 55,5 km/jam. Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat.

Paus Pembunuh merupakan predator puncak di lautan, kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar. bahkan pada 04 oktober 1997 di lepas pantai California Amerika Serikat pun, sekelompok pengamat paus yang sedang di bepergian di pulau farallon telah merekam sebuah kejadian unik tentang paus pembunuh yang menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut.

Walaupun Orca merupakan predator puncak di lautan, tetapi Orca adalah hewan yang bersahabat dengan manusia mereka sama dengan lumba-lumba dan sering dipakai untuk pertunjukan. Orca tak pernah tercatat menyerang manusia tapi terkadang mereka tercatat menyerang kapal penyebabnya adalah karena mereka mengira kapal sebagai paus atau hiu.

Klasifikasi ilmiah Paus Pembunuh:

  • Genus: Orcinus
  • Spesies: Orcinus orca



0 Response to "3 Hewan Mamalia Tercepat di Darat, Udara dan Laut"

Post a Comment

loading...