Burung Unta - Burung Terbesar Yang Tak Bisa Terbang


Burung terbesar di dunia yang belum punah adalah burung unta. Beratnya mencapai 160 kg dengan tinggi hampir 3 m. Telur burung unta juga besar, berat rata-rata telur burung unta mencapai 6 kg. Telur ini merupakan telur burung terbesar. Dan karena saking besar dan beratnya tapi dengan sayap yang kecil dibanding tubuhnya, maka burung ini tidak bisa terbang. Ketidakmampuan terbangnya ini diimbangi dengan kemampuan Burung unta untuk berlari hingga 65 km/jam, lebih cepat dari manusia tercepat sekalipun. Bahkan di sebagian Afrika Utara dan Arab, orang dewasa berbadan kecil menunggangi mereka untuk digunakan sebagai hewan tunggangan perlombaan.

Artikel ini telah dipindah kesini, Info Lengkap Burung Terbesar di dunia - Burung Unta untuk diedit dan diupdate supaya lebih lengkap serta tampilan lebih enak dilihat dan dibaca, silahkan dibuka link nya.

joki balap burung unta
Gambar Joki Balap Burung Unta

Burung unta merupakan hewan asli Afrika, walaupun begitu burung ini dapat diternakkan di hampir seluruh dunia. Burung unta dipelihara sebagai sumber daging di kawasan sejuk seperti Swedia. Rasa dagingnya seperti daging tak berlemak. Spesies burung unta yang terdapat di Timur Tengah, yakni S. c. syriacus, telah lenyap.

Menurut kepercayaan rakyat dan seperti terlihat di film kartun, burung unta terkenal karena kebiasaannya menyembunyikan kepala mereka di dalam tanah saat berhadapan dengan bahaya. Perilaku ini tidak pernah dicatat atau dilihat, walaupun burung unta diketahui merendahkan kepala dan leher mereka ke tanah untuk melindungkan diri bila predator mendekat. Apabila terancam, burung unta mampu membuat predatornya luka parah dengan tendangan dari kaki mereka yang kuat itu.

Burung unta adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu. Bulu mereka tidak berfungsi sebagai kerajang udara. Paruhnya tidak bergigi dan lancip. Burung unta terkenal dengan "sarang masyarakat", di mana beberapa ekor burung betina akan bertelur dalam satu sarang, untuk dierami oleh betina pada waktu siang dan jantan pada waktu malam. Telur burung unta adalah telur terbesar. Berat rata-rata telur burung unta mencapai 6 kg.

1 Response to "Burung Unta - Burung Terbesar Yang Tak Bisa Terbang"

  1. burung unta bisa berlari lebih cepat dari kuda dan burung unta jantan bisa mengaum seperti singa
    Inzanami

    ReplyDelete

loading...