Fakta Ilmiah Mengapa Burung Penguin tak Bisa Terbang?


Penguin termasuk jenis burung yang tidak bisa terbang walaupun punya sayap. Proporsi sayap penguin dibanding tubuhnya lebih kecil dibanding burung lainnya. Itulah sebabnya penguin tidak bisa terbang.

Artikel ini merupakan versi ringkas, versi lengkap bisa dibaca di link ini Mengapa Penguin tak bisa terbang?

Penguin menggunakan sayapnya yang kecil itu sebagai dayung untuk berenang lebih cepat. Penguin memang jago renang, penguin mampu renang dengan kecepatan 6-12 km/jam, bahkan pernah tercatat hingga 27 km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.

penguin emperor
penguin fairy
Penguin Emperor - Penguin Terbesar | Penguin Fairy - Penguin Terkecil

Fakta Ilmiah Tentang Penguin

1. Ada 18 spesies penguin di dunia, 13 diantaranya populasinya sedang menurun.
2. Penguin terbesar adalah Penguin Emperor dengan berat hingga 40 kg dan tinggi mencapai 1,1 meter, sedangkan penguin terkecil adalah Penguin Fairy dengan berat hingga 1 kg dan tinggi sekitar 40 cm.
3. Penguin umumnya ditemukan di belahan bumi selatan seperti Antartika, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.
4. Penguin adalah karnivora, makanan mereka adalah ikan, cumi-cumi dan udang.
5. Mata penguin bekerja di bawah air lebih baik dari pada di udara dan darat.
6. Seekor penguin bisa hidup sampai umur 15-20 tahun. Mereka menghabiskan 75% hidupnya di dalam laut.
7. Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin (tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies). Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.
8. Penguin dapat meminum air laut karena kelenjar supraorbital pada tubuhnya menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan penguin.
9. Setiap penguin memiliki warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.

0 Response to "Fakta Ilmiah Mengapa Burung Penguin tak Bisa Terbang?"

Post a Comment

loading...