Fakta Unik dan Ilmiah Tentang Burung Hantu


Berikut beberapa fakta unik dan ilmiah tentang burung hantu:

Artikel ini versi ringkas, versi lengkapnya bisa dibaca di Gambar dan Fakta Burung Hantu


1. Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.
2. Burung hantu ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal).
3. Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping.
4. Burung hantu mempunyai paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, tampilan "wajah" burung hantu ini demikian mengesankan dan kadang-kadang menyeramkan.
5. Ekor burung hantu umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.
6. Kebanyakan jenis burung hantu berburu di malam hari, meski sebagiannya berburu ketika hari remang-remang di waktu subuh dan sore (krepuskular) dan ada pula beberapa yang berburu di siang hari.
7. Mata yang menghadap ke depan, sehingga memungkinkan mengukur jarak dengan tepat; paruh yang kuat dan tajam; kaki yang cekatan dan mampu mencengkeram dengan kuat; dan kemampuan terbang tanpa berisik, merupakan modal dasar bagi kemampuan berburu dalam gelapnya malam.
8. Burung hantu berburu aneka binatang seperti serangga, kodok, tikus, dan lain-lain.
9. Sarang burung hantu terutama dibuat di lubang-lubang pohon, atau di antara pelepah daun bangsa palem. Beberapa jenis juga kerap memanfaatkan ruang-ruang pada bangunan, seperti di bawah atap atau lubang-lubang yang kosong.
10. Telur burung hantu bergantung pada jenisnya, bertelur antara satu hingga empat butir, kebanyakan berwarna putih atau putih berbercak.
11. Burung hantu merupakan salah satu jenis burung hantu yang kerap digunakan sebagai hewan pembasmi hama tikus di sektor pertanian.
12. Dalam pertanian, sepasang burung hantu bisa melindungi 25 hektar tanaman padi. Dalam waktu satu tahun, satu ekor burung hantu dapat memangsa 1300 ekor tikus.
13. Burung hantu adalah salah satu hewan yang paling setia karena hanya mempunyai satu pasangan seumur hidupnya.
14. Burung hantu mempunyai tiga kelopak mata: satu untuk mengedip, satu untuk tidur, satu lagi untuk membersihkan mata.
15. Wajah burung hantu pipih seperti cakram dan berbulu, hal ini berguna untuk mengumpulkan gelombang bunyi yang dibuat calon mangsa

Mengapa Burung Hantu dapat Memutar Kepalanya 180 derajat?

burung hantu kepala burung hantu berputar
Gambar Burung hantu sedang memutar kepala 180 derajat ke belakang dan ke bawah

Burung hantu terkenal karena kemampuannya memutar kepala setengah putaran penuh. Kepalanya bisa menoleh ke belakang tanpa memutar badannya.
Manusia memiliki 7 tulang di leher, sedangkan burung hantu memiliki 14 tulang. Tulang yang lebih banyak berarti lebih fleksibel. Itulah sebabnya burung hantu dapat memutar kepalanya setengah putaran.

0 Response to "Fakta Unik dan Ilmiah Tentang Burung Hantu"

Post a Comment

loading...