Hiu Paus (whale shark) - Ikan Terbesar Pemakan Plankton


Hewan Laut terbesar adalah Paus Biru yang merupakan mamalia, sedangkan Ikan Terbesar adalah Ikan Hiu Paus (whale shark). Panjang tubuh hiu paus mencapai lebih dari 12 meter dengan berat mencapai 34 ton. Yang menarik, ikan terbesar yang mempunyai nama latin Rhincodon typus ini hanya makan plankton, sisa-sisa makanan dan tumbuhan. Sebagai pemakan plankton, yang memperoleh mangsanya dengan menyaring air laut, hiu paus memiliki mulut yang berukuran besar, hingga selebar 1,5 m yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi kecil-kecil. Ikan ini juga memiliki lima pasang insang berukuran besar. Dua mata yang kecil terletak di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar.

Penjelasan lebih lengkap, terbaru dan dilengkapi dengan gambar-gambar tentang ikan hiu paus dapat anda baca di Ikan Terbesar di Dunia adalah Hiu Paus, klik aja link nya.

Hiu ini mendapatkan namanya (Ingg.: whale shark) karena ukuran tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, dan dapat hidup hingga berusia 70 tahun. Wilayah jelajahnya pada umumnya tidak melewati lintang 30°, utara maupun selatan. Hiu paus diketahui mampu menyelam hingga kedalaman 1.286 m. Spesies ini dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Walaupun ikan hiu terbesar, namun hiu paus relatif tidak berbahaya lantaran kebiasaan mereka yang menutup mata bila merasa terganggu. Gerakannya pun relatif lambat, yaitu hanya 8 km/jam. Hiu paus memang bukan ikan yang gesit. Meski bertubuh besar, Hiu Paus adalah hewan laut yang jinak dan kadang-kadang membiarkan para penyelam menungganginya, walaupun tindakan ini tidak dibenarkan oleh para peneliti hiu dan konservasionis. Hiu Paus muda sebenarnya cukup lembut dan dapat diajak bermain-main oleh para penyelam.

Hiu paus juga sering disebut sebagai hiu karpet karena pola di kulit hiu paus menyerupai karpet. Disebut pula dengan nama ikan geger lintang (dari bahasa Jawa: punggung berbintang) merujuk pada pola warna di punggungnya yang serupa bintang di langit.

Klasifikasi ilmiah Hiu Paus:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Chondrichthyes
Upakelas: Elasmobranchii
Ordo: Orectolobiformes
Famili: Rhincodontidae
Genus: Rhincodon
Spesies: R. typus

0 Response to "Hiu Paus (whale shark) - Ikan Terbesar Pemakan Plankton"

Post a Comment

loading...