Mengapa Jangkrik Mengerik? Fakta Ilmiah Tentang Jangkrik


Tahukah kalian mengapa jangkrik mengerik? Bagaimana caranya? Jangkrik apa yang mengerik? Baca tulisan di bawah ini.

Artikel ini adalah versi ringkas, versi lengkapnya (tulisan lebih panjang disertai gambar-gambar) bisa dibaca di link Jangkrik raksasa asal indonesia dan Fakta-fakta tentang Jangkrik mengerik

Jangkrik apa yang mengerik? Jangkrik adalah serangga dari keluarga gryllidae yang berkerabat dekat dengan belalang. Nama jangkrik berasal dari suara yang sering dikeluarkan jangkrik yaitu "krik krik krik" yang sering kita sebut mengerik. Kebiasaan mengerik ini hanya dilakukan oleh jangkrik jantan.

Mengapa jangkrik mengerik? Suara krik-krik-krik digunakan jangkrik jantan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya. Suara jangkrik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Selain itu, jangkrik mengerik untuk menjaga wilayahnya dari musuh-musuhnya.

Bagaimana cara jangkrik mengerik? Suara kerik jangkrik dihasilkan dari organ stridulatori. Organ tersebut berupa pembuluh darah yang berada di bawah sayap jangkrik. Ketika akan mengerik, jangkrik jantan akan melebarkan sayapnya. Ketika sayapnya direntangkan, maka membran di bawah sayap akan bergetar sehingga timbullah bunyi krik-krik-krik yang nyaring.

Fakta Tentang Jangkrik
Jangkrik adalah omnivora, memiliki antena yang tebal dan panjang, biasa keluar pada malam hari. Di dunia dikenal sekitar 900 spesies cengkerik, termasuk di dalamnya adalah gangsir. Jangkerik telah dipelihara manusia sejak lama.

Klasifikasi Ilmiah Jangkrik
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Orthoptera
Upaordo: Ensifera
Superfamili: Grylloidea
Famili: Gryllidae

0 Response to "Mengapa Jangkrik Mengerik? Fakta Ilmiah Tentang Jangkrik"

Post a Comment

loading...