Mengapa Lalat Suka di Tempat Kotor? Fakta Ilmiah Lalat


Lalat suka sekali berterbangan dan hinggap di tempat yang kotor seperti sampah dan bangkai, kenapa ya? Baca fakta ilmiah lalat berikut ini.

Artikel ini adalah versi ringkas. Versi lengkap dapat dibaca di link Mengapa Lalat Suka di Tempat Kotor dan jadi penyebar penyakit?

Mengapa Lalat Suka di Tempat Kotor?

Sebagian besar lalat suka berkumpul di kotoran. Hal ini disebabkan karena kotoran merupakan makanan lalat. Selain itu lalat memakai kotoran itu untuk menetaskan telurnya. Betina lalat meletakkan telur-telurnya dekat dengan sumber makanan (seperti pada buah yang hampir matang, bangkai, sampah, dll) sehingga memungkinkan larva lalat mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum berubah menjadi dewasa.

Lalat Penyebar Kuman Penyakit

Didunia ini terdapat banyak lalat. Lalat sering hidup di antara manusia dan sebagian jenis dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit yang sangat serius karena setiap lalat hinggap di suatu tempat, maka kurang lebih 125.000 kuman yang ada di tempat tersebut akan menempel pada lalat. Berbagai kuman penyakit yang sering ditularkan oleh lalat adalah tifus, kolera disentri. Nah agar kesehatan kita terjaga maka periksalah terlebih dahulu makanan yang akan kita makan, janganlah memakan makanan yang telah dikerubungi lalat, cucilah tangan dengan sabun sebelum makan.

Fakta Ilmiah tentang Lalat:

1. Lalat adalah jenis serangga yang berasal dari subordo Cyclorrapha ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk (subordo Nematocera) berdasarkan ukuran antenanya; lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang. Lalat umumnya mempunyai sepasang sayap asli serta sepasang sayap kecil yang digunakan untuk menjaga stabilitas saat terbang.

2. Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk bertahan hidup. Mata majemuk lalat terdiri atas ribuan lensa dan sangat peka terhadap gerakan. Beberapa jenis lalat memiliki penglihatan tiga dimensi yang akurat. Beberapa jenis lalat lain, misalnya Ormia ochracea, memiliki organ pendengaran yang sangat canggih.

Klasifikasi Ilmiah Lalat

Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Upakelas: Pterygota
Infrakelas: Neoptera
Superordo: Endopterygota
Ordo: Diptera

0 Response to "Mengapa Lalat Suka di Tempat Kotor? Fakta Ilmiah Lalat"

Post a Comment

loading...