Paus Biru dan Gajah Afrika - Hewan dan Mamalia Terbesar


Hewan sekaligus Mamalia terbesar adalah Paus Biru (Blue Whale) yang hidup di laut. Paus Biru bukan ikan, dia adalah mamalia (hewan menyusui). Bernama latin Balaenoptera musculus, paus biru merupakan hewan terbesar yang masih hidup saat ini. Tubuhnya bahkan dianggap lebih besar dari dinosaurus terbesar.

Artikel ini merupakan versi ringkas, versi lengkapnya bisa dibaca di link ini Paus Biru vs Gajah Afrika
Ukuran Paus Biru

perbandingan ukuran paus biru
Perbandingan ukuran paus biru dengan benda besar lainnya

Paus biru paling besar yang pernah diukur manusia adalah paus biru betina dengan panjang 33,58 m dan berat 190 ton. Sebagai perbandingan, dinosaurus terbesar yang pernah diketahui berasal dari masa Mesozoikum, yaitu Argentinosaurus yang beratnya diperkirakan sebesar 90 ton, ada juga yang bilang (masih kontroversial) dinosaurus terbesar adalah Amphicoelias fragillimus diduga memiliki massa 122 ton dan panjang 40–60 meter .

Lokasi Paus Biru

Paus yang panjang dan ramping ini memiliki bagian belakang (dorsal) yang berwarna abu-abu kebiruan dan bagian depan (ventral) yang lebih terang. Terdapat paling tidak tiga subspesies paus biru: B. m. musculus di Atlantik Utara dan Pasifik Utara, B. m. intermedia di Samudra Selatan, dan B. m. brevicauda (juga disebut paus biru kerdil) di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan. B. m. indica yang hidup di Samudra Hindia mungkin merupakan subspesies lain.

gambar jenis paus
Perbandingan ukuran paus biru dengan spesies paus lainnya

Makanan Paus Biru

Seperti paus balin lainnya, makanan pokok paus biru adalah crustacea kecil yang disebut krill, meskipun mereka juga memakan copepoda dalam jumlah kecil. Spesies zooplankton ini dimakan oleh berbagai paus biru dari satu samudra ke samudra lain. Paus biru dewasa dapat memakan krill sebanyak 40 juta per hari. Mereka selalu makan di wilayah dengan konsentrasi krill yang tinggi, sehingga kadang-kadang memakan kurang lebih 3.600 kilogram (7,900 lb) krill dalam satu hari.

Umur Paus Biru

Ilmuwan memperkirakan umur paus biru dapat mencapai 80 tahun. namun karena rekam jejak individu tidak berasal dari masa perburuan, hal ini belum diketahui secara pasti. Satu-satunya predator alami paus biru adalah paus pembunuh. Menurut penelitian, sebanyak 25% paus biru dewasa memiliki luka yang disebabkan oleh serangan paus pembunuh.

Museum Yang Menyimpan Kerangka Paus Biru

American Museum of Natural History di New York City yang memiliki model paus biru di Milstein Family Hall of Ocean Life. Kerangka anak paus biru juga dipasang di New Bedford Whaling Museum di New Bedford, Massachusetts. Aquarium of the Pacific di Long Beach, California juga memamerkan model induk paus biru dengan anaknya yang tergantung di atap balai utamanya. Selain itu, Beaty Biodiversity Museum di Universitas British Columbia, Kanada, menampilkan kerangka paus biru (tengkoraknya merupakan replika) di jalan raya kampus, dan kerangka asli paus biru di Canadian Museum of Nature di Ottawa juga mulai dipamerkan pada tahun 2010. Museum Sejarah Nasional di Gothenburg, Swedia memiliki replika paus biru yang ditampilkan di samping kerangkanya. Sementara Museum Melbourne menampilkan kerangka paus biru kerdil. Natural History Museum yang berada di London menyimpan kerangka dan model paus biru, yang merupakan yang pertama di dunia, yang direplikasi di Univeritas California, Santa Cruz.



ukuran paus biru vs gajah
Perbandingan ukuran Paus Biru vs Gajah Afrika

Sedangkan mamalia terbesar yang hidup di darat adalah Gajah Afrika. Tinggi Gajah Afrika jantan mencapai 3,2-4 m dengan berat 4700-6048 kg, sedangkan gajah betina tingginya antara 2,2-2,6 m dengan berat 2160-3232 kg. Info lebih lengkap tentang gajah bisa dibaca di Mengapa Gajah Memiliki Belalai dan Gading - Apa Fungsinya?

0 Response to "Paus Biru dan Gajah Afrika - Hewan dan Mamalia Terbesar"

Post a Comment

loading...